Saturday, May 31, 2008

Menjadi Motivator

Beberapa bulan ini, gue 'tergelitik' dengan kata "motivator". Beberapa waktu lalu, pernah ada sms mampir ke hp gue yang lama... "Terimakasih, sudah menjadi motivatorku". Intinya begitu. Gue sendiri tidak pernah berfikir bahwa gue akan menjadi motivator seseorang.. wong memotivasi diri gue sendiri aja susah, apa lagi jadi motivator orang lain.

Tapi, apa hendak dikata, dia bilang seperti itu. Hidung gue jadi kembang kempis baca sms itu. Bukan, bukan karena pilek, tapi gue merasa apa ya.... senang? tersanjung? Mungkin. Beberapa orang mungkin tidak pernah berniat untuk menjadi motivator orang lain. Kita mungkin sering denger lah... ikutan seminar "ini" dan "itu" bagus memotivasi diri sendiri. Tapi ya itu tadi, hanya untuk memotivasi diri sendiri, bukan untuk memotivasi orang lain kan? Gue agak ngelantur tampaknya. hehe...

Anyway, dengan umur gue yang semakin tua, sudah banyak pengalaman yang pernah gue jalanin dan alami, termasuk motivasi itu sendiri. Gue pernah mencoba beberapa kali untuk memotivasi diri gue sendiri ketika menulis tugas misalnya. Dan seringnya berhasil. Motivasi itu apa sih sebenernya? Motivasi menurut definisi gue sendiri adalah mendorong. Bukan mendorong ke jurang, tapi justru mendorong ke arah yang lebih baik.

Tidak ada niatan gue untuk memotivasi dia (yang sms itu) gue hanya bercerita waktu itu, bahwa gue pernah mengalami hal yang dia alami dan ternyata gue mampu mengatasi hal yang dia alamin itu. Kalau ternyata cerita itu membuat dia termotivasi dan ternyata berhasil, itu semua atas 'kelakuannya' dia sendiri. Dia sendiri yang mampu memotivasi dirinya sendiri untuk berhasil. Karena pada dasarnya semua itu hasil perbuatan kita sendiri kok, percuma kalo gue, misalnya, cerita panjang lebar dan sibuk memotivasi orang itu, tapi dia sendiri gak usaha. Gagal dong jadi motivatornya?

Anyway, intinya adalah ini, ketika kita ngobrol dengan seseorang, tanpa kita sadari kita telah memotivasi dirinya dan diri kita sendiri untuk melakukan sesuatu yang lebih baik. Jangan ditampik, percaya deh, menjadi motivator itu ternyata menyenangkan, apa lagi memang kita tadinya tidak berniat untuk menjadi motivator.. hehehe.... Tulisan ini asli ngaco.. gue lagi kangen nulis aja benernya... tapi keabisan topik... hihihih... :)

No comments: