Sunday, February 01, 2009

Sebuah Surat tiba...

Beberapa waktu lalu, tiba-tiba saya menerima sebuah surat elektronik yang 'mampir' di kotak inbox e-mail saya. Begini bunyi surat itu:

mbak kenalin namaku dian (sengaja saya samarkan), aku bis baca blog
yg mbak bikin yg mengulas masalah percaya diri itu. mbak ajarin aku
dong gmn caranya supaya aku bisa pede, secara mukaku pas pasan.
apalagi sekarang cowk ku suka nya lirik cewk2 apalagi klo cewk nya
cantik2 , wah dia bisa ngliatin tuh cewk dr ujung kaki mpe ujung kepala,
tambah nyiksa hati aku kan mbak. hiks hiks jujur krn ketidak pedean ku ini aku jd merasa harus menjauh dari keluarga dan orang2 terdekatku sekarang karena aku jelek selalu dibandingkan dengan cewk cantik.pgn mati aja aku.
Mbak help me please!
bls emailku ya mbak, aku tunggu


Agak kaget juga gue terima e-mail begini. Maklum, gue bukan seorang ahli psikolog, apa lagi yang bisa memberi sebuah nasihat. Ini jawaban saya ya Dian, semoga ini bisa membantu.

Setiap manusia itu unik. Maklum Tuhan menciptakan kita secara sempurna, tapi kadang manusia itu aneh ya? Mereka merasa mereka tidak 'sempurna' karena tidak cantik, tidak langsing, tidak pintar, tidak kaya.. Rasanya kesempurnaan itu jauuuhhh.... dari yang kita bayangkan :)

Nah, Dian sayang nya kamu tidak menulis berapa umur kamu, tapi seharusnya kamu patut merasa percaya diri lho, karena kamu memiliki pacar / cowok yang sayang kamu walaupun kamu merasa tidak cantik. Kalau cowok kamu gak sayang sama kamu, cowok kamu gak cuma melirik cewek cantik, tapi mungkin sudah selingkuh. Artinya apa? Cowok kamu TERNYATA bisa lho sayang sama kamu walaupun kamu tidak cantik.

Banyak orang bilang, kecantikan itu timbul dari hati. Kalau hati kita cantik, pasti kita akan dibilang cantik. Pasti, dibalik wajahmu yang kamu bilang 'pas-pas'an ada kecantikan murni disitu. Kecantikan itu tidak harus dari fisik lho, mungkin hati kamu cantik, kamu ramah, murah
senyum, pintar di sekolah/kuliah kamu, kamu rajin membantu ibu (ngepel, masak... lho..? ) Hehehe.. artinya begini... gali yang ada di dalam hati kamu. Tanyakan deh sama teman kamu, sebetulnya apa sih sisi positif dari kamu? Semakin banyak kamu menggali potensi yang ada di dalam diri kamu, kecantikan secara fisik/lahiriah itu menjadi tidak penting! Percuma kalau cantik, tapi tidak ramah.. orang juga akan males menegur tuh!

Kecantikan fisik/lahiriah itu akan sirna, Dian.. sesuai dengan umur kamu... Nanti, di umur 35 tahun, orang yang cantik itu juga akan keriput.. gigi-nya lama-lama juga ompong... perutnya juga akan gendut... Btw, orang-orang yang kenal saya, juga tidak akan bilang saya cantik! Tapi Dian, kalau kamu ramah, kamu baik hati, sepanjang umur kamu, sampai kamu meninggal nanti, orang akan ingat! "Oh, Dian yang baik itu ya? Dian yang ramah itu ya? Dian yang suka bikin kita ketawa ya?" Semua orang akan ingat itu! Kecantikan secara lahiriah/fisik itu tidak akan selamanya. Coba.. ini yang jelek ya... kalau kamu cantik.. terus kamu kecelakaan misalnya.. Kecantikan fisikmu akan hilang, ya kan?

Jadi gimana dong?

  1. Rajin-rajin merawat diri, rajin-rajin berdoa menurut agama dan kepercayaan Dian, Tuhan itu baik lho, Dia akan memberikan kecantikan yang 'sempurna' bagi yang sering berdoa dan merawat diri. Auranya cantik, orang pun yang melihat tidak akan bosan.
  2. Mulailah setiap pagi setelah bangun tidur dengan senyum. Percaya atau tidak, kalau kita bangun pagi sudah bete, udah kesel, pasti sepanjang hari kita akan kesel dan bete terus!
  3. Setiap kali habis mandi dan berpakaian, pandanglah kaca dan bilang dalam hati : Aku Cantik!!! Kalau aku senyum, aku Cantik Sekali! sebanyak 10 kali. Ini bagus lho, untuk 'mendongkrak' percaya diri.
  4. Jangan pernah abaikan orang-orang terdekat dan orang orang yang kamu sayangi. Mereka adalah orang-orang yang tulus menyayangi kamu, walaupun kamu merasa tidak cantik!
  5. Belajar, Belajar, Belajar! Orang rajin belajar itu bikin pintar. Percuma orang cantik tapi gak ngerti apa-apa alias tulalit.
  6. Ini yang terpenting ya, Cowok dimana-mana sama. Mereka seringkali kepergok ngeliatin cewe cantik. Itu naluriah mereka. TAPI.. bukan berarti pacar kamu gak sayang kamu.
  7. Last but not least, sayangi diri kamu sendiri! Galilah potensi yang kamu miliki! Kamu hobby apa? Menulis? Menulislah! Buat blog, siapa tau ada penerbit yang mau mencetak. Kamu suka berbahasa Inggris? Gali bahasa itu lebih dalam! Siapa tau, kamu bisa berbagi ilmu berbahasa dengan orang-orang yang belum sebisa kamu.

Banyaaaaaakkkk.. sekali hal-hal yang bisa membuat kita percaya diri kok. Inget.. Gak Cantik? Siapa takut, yang jelas, Kita gak bego! :)

hehehehe.. Semoga membantu ya..! ditunggu lho kabar-kabarnya lagi ...

Salam manis!

-uprit -



No comments: