Saturday, June 21, 2008

BerHaSiL !!!

Ternyata, keberhasilan itu membawa kelegaan yang luar biasa... Betul.. Luar biasa rasanya.. Luar biasa Nikmatnya ....

Setelah beberapa bulan terakhir ini gue ribut-ribut mengenai kuliah, kemarin tanggal 19 Juni 2008, gue dinyatakan lulus .. dan berhak mendapat titel baru di belakang titel lama gue... Kebahagiaan gue tambah meluap.. ketika bokap, yang selama ini selalu diam, tersenyum, mengangguk, dan menepuk bahu gue. Indahnya.... Bangga? Jelas.. dan gue rasa gue gak salah kalo gue ngerasa kebanggaan itu.. Karena itu kebanggan saya pribadi. Gue tau, masih banyak orang yang jauh lebih sukses daripada gue... Gue juga tau, masih banyak orang yang bertitel lebih tinggi dari gue... Tapi kebanggaan gue bukan atas dasar titel gue yang baru.. tapi kebanggaan akan berhasilnya gue melalui sesuatu yang gue pikir gak akan gue bisa lalui..

Gue bangga, menjadi seseorang yang ternyata masih bisa bikin bokap tersenyum. Gue bangga, menjadi seseorang yang telah mengalahkan segala frustasi dan mumet gue selama ini.. Gue bangga, melihat pacar gue yang juga bangga melihat gue.. Gue juga bangga, bisa melihat sisi lain dari kehidupan gue... Gue hanya berharap, mama sudah meninggalkan jasad nya dari alam semesta ini juga bangga melihat keberhasilan gue.

Beberapa saat gue keluar dari kelas sidang itu, gue sempat ragu bakalan lulus sebetulnya... Banyak pikiran skeptis gue mengenai judul akhir yang gue pilih. Padahal tadinya gue maju sidang dengan semangat tempur yang tinggi lho. Lalu .. setelah gue disuruh keluar kelas untuk memberi waktu para penguji berdiskusi... mata gue bertubrukan dengan mata bokap... anehnya, bokap hanya senyum, mengangguk dan menepuk bahu gue.. sesuatu yang jarang beliau lakukan... lalu gue bertekad, apapun nanti hasil yang gue dapatkan... gue harus berani mengangkat kepala dan mempertanggung jawabkan hasil nya ke bokap.

Setelah dipanggil, gue masuk... jantung gue berdegup keras... Lalu mereka mengumumkan .. dan ternyata gue lulus.... Napas lega gue keluar dengan sendirinya, tanpa bisa gue cegah. Para penguji tersenyum. I can not help it .... Rasanya pengen banget gue langsung sujud... tapi untungnya gue bisa mencegah diri gue atas perbuatan memalukan... gue memilih sujud nanti saja...

Setelah gue tau gue lulus dan dapat nilai yang cukup baik.. (ah... gue bangga dengan nilai gue, tapi takutnya disangka sombong)... gue langsung menghambur ke bokap.... dan gue.. untuk kedua kalinya seumur hidup gue... gue melihat mata bokap berkaca-kaca.... Gue melihat bokap berkaca-kaca, bahkan nangis, sewaktu mama meninggal... dan kali ini gue melihat sesuatu yang bikin gue akhirnya nangis... Bokap bangga .. dan mungkin ... hanya mungkin.... ini adalah hal terakhir yang gue minta dari bokap.. semoga gue bisa selalu bikin bokap bangga lagi ...

Terimakasih Tuhan, Kau sudah begitu baik... Terimakasih teman-teman yang sudah membantu... Terimakasih .... tak terhingga...

-------------------

No comments: